ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA N 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017 PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN REDOKS DENGAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI)

Noorjanah, Ajeng Pratiwi (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA N 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017 PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN REDOKS DENGAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_AJENG%20PRATIWI%20NOORJANAH_13303244017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis profil keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran kimia dan menganalisis sebaran keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran kimia kelas X semester II tahun ajaran 2016/ 2017 di SMA Negeri 2 Banguntapan dengan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI). Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain oneshot case study. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi menjadi empat kelas. Sampel yang digunakan yaitu kelas X IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster sampling. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan SAVI yaitu: somatis, auditori, visual dan intelektual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik secara keseluruhan dikategorikan sangat baik dengan persentase pencapaian sebesar 82,20%. Keterampilan proses sains peserta didik untuk indikator keterampilan mengamati, keterampilan memprediksi, keterampilan berkomunikasi, keterampilan menerapkan konsep, keterampilan menggunakan alat dan bahan, keterampilan menafsirkan, dan keterampilan mengelompokkan dikategorikan sangat baik berturut-turut dengan persentase sebesar 85,06%; 79,69%; 86,45%; 84,02%; 77,99%; 85,15% ; dan 77,08%. Hampir seluruh peserta didik menguasai keterampilan mengamati, keterampilan memprediksi, keterampilan berkomunikasi, keterampilan menerapkan konsep, keterampilan menggunakan alat dan bahan, keterampilan menafsirkan, dan keterampilan mengelompokkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50516

Actions (login required)

View Item View Item