LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Suhariyadi, Suhariyadi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01_11505249004_Suhariyadi_PTSP.pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau disingkat PPL merupakan mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dan didapat selama perkuliahan dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pengasih, Jln. KRT. Kertodiningrat, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan Pembekalan PPL, pembelajaran mikro, observasi sekolah dan kelas, pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, silabur, RPP dll. Tahap kedua adalah pelaksanaan, di mana ada 2 kegiatan utama yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik non mengajar. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa lebih dahulu menyiapkan rencana pembelajaran seperti RPP, jobsheet, materi dan media pembelajaran. PPL UNY 2016 difokuskan pada praktik mengajar terbimbing baik kelas teori maupun kelas praktik dimana mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di kelas dengan bimbingan penuh dari guru pembimbing di sekolah. Sedangkan yang dimaksud dengan kegiatan non mengajar adalah mahasiswa PPL sebagai warga sekolah mengikuti kegiatan yang ada di sekolah seperti upacara bendera, membantu guru menyelesaikan administrasi dll. Selain itu juga mahasiswa kependidikan sebagai calon tenaga pendidik yang melaksanakan PPL diharapkan tidak hanya memiliki kompetensi mengajar di dalam kelas saja, melainkan juga dilatih sebagai guru profesional dengan membuat admistrasi atau buku kerja guru sebagai penunjang terlaksananya kegiatan pembelajaran di kelas. Diakhir pelaksanaan PPL, guru pembimbing memberikan penilaian dan evaluasi terhadap mahasiswa PPL.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman dan berlatih menjadi seorang guru profesional. Dengan adanya kegiatan PPL ini diharapkan mampu menjalin kerjasama yang baik antara pihak Universitas Negeri Yogyakarta dan SMK N 2 Pengasih, serta dapat meningkatkan kualitas PPL selanjutnya kearah yang lebih baik lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMK Negeri 2 Pengasih (STEWA).
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jul 2017 07:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50507

Actions (login required)

View Item View Item