EFEKTIFITAS PENERAPAN KOLABORASI MODEL THINK-PAIR- SHARE (TPS) DAN MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Prasarani, Hafsha Sania (2017) EFEKTIFITAS PENERAPAN KOLABORASI MODEL THINK-PAIR- SHARE (TPS) DAN MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Hafsha%20Sania%20Prasarani_13303241072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran dengan kolaborasi model TPS dan POE, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan kolaborasi model TPS dan model POE. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel menggunakan sebanyak 2 kelas di SMA Negeri 1 Kasihan, yaitu kelas XI MIA 1 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 3 (kelas eksperimen). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengetahuan awal, motivasi belajar awal dan akhir, serta kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t sama subjek dan uji anakova satu jalur. Hasil uji anakova menunjukkan ada perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran menggunakan kolaborasi model POE dan model TPS, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Hasil uji-t sama subjek menunjukkan pada kelas eksperimen ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan kolaborasi model TPS dan POE.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50506

Actions (login required)

View Item View Item