LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Rizal Burhanudin, Rizal Burhanudin (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizal Burhanudin- P. Fisika.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi mahasiswa UNY untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masing-masing progam. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 9 Yogyakarta, tepatnya di Jalan Sagan 1 Yogyakarta dimulai pada tanggal 15 Juni 2016 dan diakhiri pada tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar atau observasi dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi ke sekolah kemudian mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang bertujuan melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Dalam 2 bulan PPL ini praktikan atau mahasiswa mendapatkan jadwal untuk mengajar 2 bab yaitu bab besaran dan pengukuran dan bab vektor. Praktikan mengajar kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2. Total pertemuan atau tatap muka dikelas yaitu 7 kali pertemuan 1 kali ulangan harian dan 7 kali pertemuan 1 kali ulangan harian. Hasil Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) menjadikan mahasiswa mendalami proses pemberian ilmu pendidikan fisika secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon guru fisika. Keberhasilan proses pembelajaran dan pengajaran fisika tergantung kepada unsur utama (guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah) ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung. Program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50498

Actions (login required)

View Item View Item