LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Mei Rina Andarwati, Mei Rina Andarwati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mei Rina Andarwati- P.Kimia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta jenjang S-1. Mahasiswa dapat menyalurkan segala ilmu yang telah diperolehnya di bangku kuliah kepada para siswa di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran serta kegiatan-kegiatan lain yang berlangsung di sekolah. Hal tersebut dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan diawali dengan observasi ke lapangan, sehingga mengetahui kondisi yang ada di sekolah khususnya di SMA Negeri 9 Yogyakarta yang terletak di Kota Yogyakarta. Observasi ini menyangkut perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL yang terhitung mulai tanggal 15 juli sampai dengan 15 september 2016, penulis mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu mata pelajaran kimia. Untuk pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jam guru pembimbing. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan kondisi dan situasi siswa di lapangan. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI IPA 5 sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : praktik pengalaman lapangan, SMA Negeri 9 Yogyakarta, Kimia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50494

Actions (login required)

View Item View Item