LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN KIMIA SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

FARAH NUR JANNAH, FARAH NUR JANNAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN KIMIA SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Farah Nur Jannah- P.Kimia.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana mahasiswa untuk dapat melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran serta manajerial sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata kegiatan peembelajaran dengan harapan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sehingga siap untuk terjun ke dunia kependidikan sebagai pengajar profesional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu diawali dengan observasi sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai bidang ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen micro teaching dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Kegiatan PPL berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMA Negeri 9 Yogyakarta Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 4 kali mengajar terbimbing dan 4 kali mengajar mandiri, dan telah dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan. Dalam praktik mengajar dilakukan berbagai persiapan mulai dari penyusunan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga pembuatan soal ulangan dan analisis butir soal. Hasil kegiatan PPL selama satu bulan ini memberikan cukup pengalaman bagi mahasiswa sebagai bekal mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansinya. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PPL ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 9 Yogyakarta
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 06 Jul 2017 06:07
Last Modified: 06 Jul 2017 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50490

Actions (login required)

View Item View Item