Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Student Teams-Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 pada Pokok Bahasan Asam Basa

Pramudyasiwi, Shinta (2017) Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Student Teams-Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 pada Pokok Bahasan Asam Basa. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 TAS_Shinta%20Pramudyasiwi_13303241029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Hasil belajar yang diukur mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan tipe the matchingonly posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purpossive sampling, sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari tes prestasi belajar peserta didik. Hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik diperoleh dari observasi yang dilakukan oleh observer menggunakan lembar observasi berupa rubrik. Data hasil belajar peserta didik kemudian dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) dan independent t-test menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Analisis kovarian (anakova) memberikan nilai significance sebesar 0,381; hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah kognitif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Learning Cycle 5E dan STAD dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Hasil independent t-test memberikan nilai significance sebesar 0,004 untuk ranah afektif dan 0,006 untuk ranah psikomotorik, hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran Learning Cycle 5E dan STAD dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50481

Actions (login required)

View Item View Item