Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA St. Gabriel Maumere.

Babang, Maria Patrisia Ivonie (2017) Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA St. Gabriel Maumere. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-patrisia-ivonie-babang-15725251023.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan proses sains siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan keterapilan pross sains secara simultan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa SMA St. Gabriel Maumere kelas XI IPA berjumlah 57 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random samplling. Sampel penelitian masing-masing berjumlah 19 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Ancova dan Mancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses sains terhadap keterampilan proses sains, (2) terdapat pengaruh penggunaan pendekatan keetrampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa dan (3) terdapat pengaruh pendekatan keterampilan proses sains secara simultan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:52
Last Modified: 09 May 2019 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50474

Actions (login required)

View Item View Item