ANALISIS PENERAPAN PSAK N0. 105 ATAS PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BPRS BANGUN DRAJAT WARGA DAN BPRS MADINA MANDIRI SEJAHTERA YOGYAKARTA

Mahayu, Okta Irlanda (2017) ANALISIS PENERAPAN PSAK N0. 105 ATAS PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BPRS BANGUN DRAJAT WARGA DAN BPRS MADINA MANDIRI SEJAHTERA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHAYU OKTA IRLANDA_15812147021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesesuaian penerapan PSAK No. 105 atas Pengakuan Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Bangun Drajat Warga dan BPRS Madina Mandiri Sejahtera. (2) Mengetahui kesesuaian penerapan PSAK No. 105 atas Pengukuran Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Bangun Drajat Warga dan BPRS Madina Mandiri Sejahtera. (3) Mengetahui kesesuaian penerapan PSAK No. 105 atas Penyajian Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Bangun Drajat Warga dan BPRS Madina Mandiri Sejahtera. (4) Mengetahui kesesuaian penerapan PSAK No. 105 atas Pengungkapan Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Bangun Drajat Warga dan BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan pedoman PSAK No. 105 dengan perlakuan akuntansi Pembiayaan Mudharabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi Pembiayaan Mudharabah pada BPRS Bangun Drajat Warga dan BPRS Madina Mandiri Sejahtera yang meliputi: (1) Perlakuan akuntansi mengenai Pengakuan Pembiayaan Mudharabah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 105. Ketidaksesuaian tersebut karena BPRS tidak melakukan pencatatan pada saat nasabah terlambat membayar angsuran Pembiayaan Mudharabah. BPRS melakukan pencatatan dengan metode cash basic, jadi melakukan pencatatan hanya pada saat kas diterima. (2) Perlakuan akuntansi mengenai Pengukuran Pembiayaan Mudharabah telah sesuai dengan PSAK No. 105. (3) Perlakuan akuntansi mengenai Penyajian Pembiayaan Mudharabah telah sesuai dengan PSAK No. 105. (4) Perlakuan akuntansi mengenai Pengungkapan Pembiayaan Mudharabah telah sesuai dengan PSAK No. 105.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah, PSAK No. 105, BPRS
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50463

Actions (login required)

View Item View Item