LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Sarah Rahmawati, Sarah Rahmawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Sarah Rahmawati_13312241043.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyrakat, serta membina tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah mengikuti mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Sesuai dengan visi PPL UNY yaitu sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Mata kuliah PPL bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan. Tujuan lain adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna pengembangan sekolah yang bersangkutan. Pelaksanaan PPL telah dilakukan di SMP Negeri 7 Magelang yang beralamat di Jalan Sunan Gunung Jati no 40, Magelang Selatan,Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 9 minggu sejak 15 Juli 2016 – 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan.Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro yang dilakukan di kampus, observasi pembelajaran di kelas, pembekalan PPL, dan penerjunan mahasiswa ke lapangan. Tahap pelaksanaan PPL meliputi persiapan perangkat pembelajaran yang akan digunakan praktik mengajar di kelas. Tahap penyusunan laporan berupa laporan kegiatan PPL dan analisis pelaksanaan PPL. Secara umum, program kerja PPL dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat bagi kemajuan mahasiswa, siswa, guru dan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Meskipun selama pelaksanaan PPL terdapat beberapa kendala, tetapi kendala tersebut dapat diatasi oleh mahasiswa karena adanya bimbingan dari guru pembimbing. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh mahasiswa PPL periode berikutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, program, kegiatan, hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 08:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50431

Actions (login required)

View Item View Item