LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 3 MAGELANG

Mutiara Diva Dien Laksana, Mutiara Diva Dien Laksana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 3 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BOGA-MUTIARA DIVA D.L-13511241022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mata Kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program mata kuliah dengan bobot 3 sks yang wajib ditempuh dan dilalui oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan sebagai calon pendidik di institusi pendidikan Indonesia, yang dalam pelaksanaanya dilakukan di dalam sebuah institusi pendidikan yaitu sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan berbagai macam keadaan atau situasi yang akan dialami di institusi pendidikan untuk mahasiswa praktikan yang bertujuan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang guru professional, dan simulasinya dilakukan di kelas dengan murid yang sebenarnya sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran serta menerapkan segala pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan maupun keterampilan saat melakukan praktik industri yang telah dikuasai mahasiswa praktikan selama menempuh pendidikan S1 di Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki tujuan inti yaitu untuk mempersiapkan tenaga keguruan yang siap bersaing dan memiliki nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang professional sesuai keahliannya dalam bidang vokasi maupun akademik. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan berbagai kegiatan di dalamnya. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Magelang yang beralamatkan di Jalan Pierre Tendean No 1 Magelang. Pada kegiatan PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah dilalui dan diperoleh selama menempuh perkuliahan di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu kesempatan langsung terjun mengajar siswa dan siswi di SMK Negeri 3 Magelang sebagai seorang tenaga pendidik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak akan pernah terlepas dari hambatan yang menganggu jalannya proses kegiatan PPL namun semua dapat terselesaikan dengan cara berkoordinasi dengan sekolah melalui guru, staff serta teman kelompok PPL dalam rangka penyelesaian suatu masalah maupun hambatan yang terjadi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Pengalaman, Hambatan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50412

Actions (login required)

View Item View Item