LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN

Sambodo Hestu Budoyo, Sambodo Hestu Budoyo (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sambodo Hestu Budoyo 13101241031.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program PPL diharapkan dapat mendarmabaktikan ilmu akademis mahasiswa di lapangan, selain itu mahasiswa juga dapat belajar dari praktik-praktik di lapangan secara langsung. Sebelum pelaksanaan PPL, penulis berserta teman-teman Tim Kelompok PPL UNY 2016 melakukan observasi terlebih dahulu, dimana pada saat melaksanakan observasi ditemukan beberapa masalah. Berdasarkan hasil observasi maka penulis menentukan program yang berjudul “Optimalisasi Penggunaan Perpustakaan Sekolah Dasar/Sederajat Melalui Pendataan Data Peminjam dan Pengunjung Perpustakaan Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten”. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten di bidang Pendidikan Non Formal (PNF) pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Tujuan dari program Optimalisasi Penggunaan Perpustakaan Sekolah Dasar/Sederajat Melalui Pendataan Data Peminjam dan Pengunjung Perpustakaan Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten adalah untuk membantu pegawai di bidang PNF mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah, banyaknya pengunjung dan peminjam buku di perpustakaan, peran perpustakaan sebagai gudang ilmu di sekolah. Selama pelaksanaan program kerja kegiatan ini, penulis dibimbing dan dibantu oleh staf seksi perpustakaan sekolah bidang PNF sehingga dapat terselesaikannya program kerja yang dilaksanakan oleh penulis. Sekolah yang menjadi sasaran pelaksanaan program ini adalah SD BIAS Klaten dan SDIT An-Najah Jatinom Klaten. Pencarian data ke sekolah dilaksanakan tanggal 25-28 Juli 2016. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penulis terwujud sebagai berikut: Menyusun dan menyiapkan instrumen observasi, Menghubungi pihak sekolah mengenai observasi pendataan perpustakaan melalui telepon, Mendatangi sekolah untuk melakukan observasi di perpustakaan, Mengolah data hasil observasi, Melakukan pengklasifikasian data, Membuat laporan. Hasil yang diperoleh dari program PPL ini adalah berupa laporan tentang data peminjam dan pengunjung perpustakaan, serta program kerja dan penggunaan perpustakaan. SD BIAS Klaten dan SDIT An-Najah Jatinom Klaten tersebut sudah memanfaatkan penggunaan perpustakaan sesuai dengan tujuan, program kerja dan pengelolaan perpustakaan dari kedua sekolah tersebut sudah sama-sama baik. Meskipun SDIT An-Najah Jatinom lebih baik dari segi fasilitas dan program kerja jika dibandingkan dengan SD BIAS Klaten, namun sekolah tersebut sama-sama memiliki tempat / ruang perpustakaan yang nyaman, lengkap dan baik untuk digunakan para siswa untuk menambah wawasan mereka. Program perpustakaan di SD BIAS Klaten dan SDIT An-Najah Jatinom Klaten sangat baik dan bermanfaat, antara lain pameran buku/April Book Expo di SDIT An-Najah dan program Gerakan Literasi Sekolah di SD BIAS Klaten. Kekurangan yang ada di perpustakaan kedua sekolah tersebut adalah tentang pengelolaan dan pengamanan buku di SD BIAS Klaten, dan tentang penataan koleksi dan pelayanan di SDIT An-Najah Jatinom Klaten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Perpustakaan, Data Peminjam dan Pengunjung, Seksi Perpustakaan Sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 06:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50404

Actions (login required)

View Item View Item