LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Lathifah Amin, Lathifah Amin (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lathifah Amin 13101241065.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi untuk menjalin kerjasama dengan sekolah, dinas pendidikan dan lembaga lain, baik dari jurusan kependidikan maupun keguruan. Program PPL diharapkan dapat menjadi pengalaman mahasiswa untuk memasuki dunia kerja kelak. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima berbagai pengetahuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Pada PPL kali ini penyusun mempunyai rancana program yang berjudul “Pendataan Siswa Baru SMK Calon Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar ( PIP ) di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Tahun 2016”. Program ini bertujuan untuk mengetahui daftar calon penerima beasiswa PIP yang akan diusulkan ke pusat agar dapat segera diberikan Surat Keputusan (SK) sebagai penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) dan dapat segera dicairkan. Program yang direncanakan penyusun tidak terlaksana dikarenakan sekolah langsung mengupload data siswa baru SMK calon penerima PIP ke dapodik, sehingga pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten khususnya bidang Dikmen seksi SMK menyarankan untuk merekapitulasi data siswa SMK penerima PIP yang sudah diberi SK oleh pemerintah pusat sebagai program utama PPL. Pelaksanaan program dibantu oleh kepala seksi SMK, staf SMK, serta rekan saya (Raffiesa). Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan penyusun sebagai berikut: koordinasi dan konsultasi mengenai program yang akan dilaksanakan dengan kepala seksi SMK, meminta data yang akan direkapitulasi kepada staf seksi SMK, membuat format rekapitulasi data PIP, melakukan rekapitulasi dan entry data menggunakan miscrosoft excel, pengecekan secara berkala data, finishing pengolahan data, melakukan evaluasi dan tindak lanjut. Hasil rekapitulasi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan, sekolah yang membutuhkan maupun masyarakat luar yang membutuhkan informasi mengenai daftar penerima beasiswa PIP tahun 2016 dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan jika nantinya terdapat beasiswa kurang mampu lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Rekapitulasi Data Siswa Penerima PIP, Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 05:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50400

Actions (login required)

View Item View Item