LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAM LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 KLATEN

Rifa Fitriani, Rifa Fitriani (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAM LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
rifa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Klaten yang berlokasi di Jl. Merbabu Nomor 11 Klaten. Program PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan. Pelaksanaan kegiatan PPL bersamaan dengan pelaksanaan KKN sehingga dapat berjalan dengan lancar, pelaksanaan keduanya harus selaras dan berimbang. Kegiatan PPL dilaksanakan bertahap, yaitu mulai dari persiapan berupa observasi sekolah dan observasi pembelajaran di kelas serta pembuatan persiapan mengajar. Berdasarkan observasi, analisis situasi, dan koordinasi dengan pihak sekolah, maka disusunlah program program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ditambah dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) individu. Program PPL meliputi beberapa kegiatan, yaitu observasi kelas, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran (job sheet, hand out, dan media pembelajaran lain yang diperlukan), pelaksanaan jadwal praktik mengajar di kelas, serta evaluasi dan analisis hasil belajar siswa.Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, dapat disimpulkan bahwa PPL merupakan sarana yang dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki kemampuan serta keterampilan yang diperlukan dalam pencapaian keberhasilan profesinya. Kegiatan PPL juga memberikan pengetahuan dan pengalaman secara langsung tentang kegiatan akademik di sekolah. Untuk pelaksanaan kegiatan PPL periode yang akan datang, ada baiknya jika antara pihak sekolah dengan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi agar dapat dicapai hasil dan manfaat yang lebih baik bagi semua pihak. Selain itu perlunya menciptakan suasana kelas yang kondusif yang dapat dicapai melalui kerjasama antara mahasiswa sebagai guru praktikan dan siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 04:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50393

Actions (login required)

View Item View Item