Dahlia Nurjanah, Dahlia Nurjanah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
PPL DAHLIA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang sesuai dengan empat kompetensi guru, yakni pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Salah satu lokasi PPL UNY 2016 adalah SMK Negeri 3 Klaten yang berlokasi di Jl. Merbabu Nomor 11 Klaten. Pelaksanaan kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan. Program PPL ini dilaksanakn mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL ini bersamaan dengan pelaksanaan KKN sehingga dapat berjalan lancar, pelaksanaan keduanya harus selaras dan berimbang. Kegiatan PPL dilaksanakan bertahap, yaitu mulai dari persiapan berupa observasi sekolah dan observasi pembelajaran di kelas serta pembuatan persiapan mengajar. Berdasarkan observasi, analisis situasi, dan koordinasi dengan pihak sekolah, maka disusunlah program-program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ditambah dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) individu. Program PPL meliputi beberapa kegiatan, yaitu observasi kelas, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran (job sheet, hand out, fragmen, dan media pembelajaran, lain yang diperlukan), pelaksanaan jadwal praktik mengajar di kelas, serta evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, dapat disimpulkan bahwa PPL merupakan wahana yang dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki kemampuan serta keterampilan pedagogik yang diperlukan dalam pencapaian keberhasilan profesinya. Kegiatan PPL juga memberikan pengetahuan dan pengalaman secara langsung tentang kegiatan akademik di sekolah. Tentunya pelaksanaan PPL tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Namun, hambatanhambatan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Untuk pelaksanaan kegiatan PPL periode yang akan datang, ada baiknya jika antara pihak sekolah dengan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi agar dapat dicapai hasil dan manfaat yang lebih baik bagi semua pihak. Selain itu perlunya menciptakan suasana kelas yang kondusif yang dapat dicapai melalui kerjasama antara mahasiswa sebagai guru praktikan dan siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 04:25 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |