LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 KLATEN

Rani Sri Windarti, Rani Sri Windarti (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LaporanPPL_RaniSW_13513244017_PTBUSANAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.. Program PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal pengalaman yang bermanfaat bagi mahasiswa khususnya di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan di SMKN 3 KLATEN yang beralamat di Jl. Merbabu No.11 Klaten Selatan dan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan kesimpulan. Dalam praktik mengajar (PPL) praktikan mengampu 2 mata pelajaran yaitu Dasar Pola dan Dasar Desain untuk kelas X BB 1. Alokasi waktu jam pelajaran dalam satu minggu adalah 7 jam (@ 45 menit) yang terbagi dalam 1 x pertemuan (4 jam pelajaran) untuk mata pelajaran Dasar Pola dan 1 x pertemuan (3 jam pelajaran) untuk mata pelajaran Dasar Desain. Hasil kegiatan ini adalah terlaksananya program kerja PPL yang telah direncanakan. Kesimpulan dari kegiatan PPL ini adalah (1) PPL adalah suatu sarana bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masingmasing. (2) PPL adalah sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah. Dengan terjun ke lapangan maka kita akan berhadapan langsung kepada masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah, baik itu mengenai manajemen pendidikan dan akan menuju proses pencarian jati diri mahasiswa yang melaksanakan PPL tersebut. (3) PPL akan menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses belajar mengajar secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon pendidik dan pengajar. (4) PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas, dan tanggung jawab sekolah secara nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang sama meskipun mempunyai bidang kerja atau gerak yang berbeda. Tujuan yang dimaksud adalah berhasilnya proses belajar mengajar yang ditentukan sebelumnya. (5) Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu guru dan murid yang ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 04:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50389

Actions (login required)

View Item View Item