LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

RURI PUJI HASTUTI, RURI PUJI HASTUTI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ruri Puji Hastuti (13413241016 - Pend. Sosiologi).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan , mempraktekan, dan mengamalkan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar sesuai bidang ilmu yang di pelajari. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 berlokasi di SMA N 10 Yogyakarta. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu mulai dari observasi, membuat perangkat pembelajaran sampai dengan evaluasi. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut serta di bimbing juga oleh dosen Pembina lapangan Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kelas XI IPS. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum KTSP, sehingga penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) juga menggunakan kurikulum KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah stick, Susun Kata, Power Point, dan Video Pembelajaran. Sedangkan peralatan yang digunakan adalag White Board, LCD, spidol, lembar kerja. Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfir kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa jadi berbeda. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali tatap muka dalam praktiknya, penyusun telah mengajar sebanyak 14 kali pertemuan di kelas. Jam-jam tersebut terpenuhi melalui praktik mengajar tetap di kelas XI IPS, praktik mengajar pengganti guru di kelas X, dan praktik mengajar mengganti di kelas XII IPS. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di luar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50362

Actions (login required)

View Item View Item