LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

RIRIN WULANDARI, RIRIN WULANDARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ririn Wulandari (13401241051 - PKnH).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Selain sebagai aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, pelaksanaan PPL dapat menumbuhkan jiwa pendidik bagi mahasiswa program kependidikan yang dipersiapkan menjadi seorang guru. PPL diselenggarakan untuk memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa tentang berbagai aspek pendidikan yang ada di sekolah. Selama mengikuti kegiatan PPL, mahasiswa tidak hanya bertugas mengajar di dalam kelas, tetapi mahasiswa juga harus menyusun program pengajaran dan beberapa hal lain yang dibutuhkan selama jalannya PPL. Menjadi bagian dari sebuah Intitusi pendidikan tidak hanya menjadi seorang yang memberikan pemelajaran dalam kelas tetapi juga melakukan berkitan dengan administarai non pembelajran yang anantinya akan menjadi bekal dari mahasiswa apabila menjadi pendidik di masa depannya. Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Materi Pembelajaran, Media dan alat pembelajaran, serta Alat dan Bahan Evaluasi, soal-soal tugas maupun ulanagan harian siswa serta berbagai dokumen administrasi guru. Pada pelaksanaan PPL ini, praktikan mengampu kelas X MIPA 3, X MIPA 4, X IPS 2, XII IPA 2, XII IPA 4, XII IPS . Namun di beberapa kesempatan, praktikan juga mengampu mata pelajaran PKn di kelas X MIPA 1, X MIPA 2, XII IPA 2, XI IPS. Masing-masing kelas mendapat 2 jam pelajaran dalam satu minggu. Selain mengajar, praktikan juga menangani kegiatan-kegiatan lain di luar kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, PPL dapat menjadikan praktikan untuk terjun langsung dan berperan aktif dalam kegiatan sekolah, menambah sudut pandang dan memperluas wawasan dalam lingkungan sekolah. Menjadikan mahasiswa paham akan kegiatan pelaksanaan persekolahan dalam sudut pandang pembelajaran maupun dalam sudut pandang administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PKn, PPL, SMA Negeri 10 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50361

Actions (login required)

View Item View Item