LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Nova Prasetyo Adi, Nova Prasetyo Adi (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nova Prasetyo Adi (13413241017 - Pend. Sosiologi).pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta selama dua bulan sejak 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. Adapun tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga keguruan yang profesional serta memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan lainnya. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksankan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat Rancangan Pelaksanaan Pemblajaran, format penilaian, metode pembelajaran, dan penentuan nilai kriteria ketuntasan minimal. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016 dengan mata pelajaran Sosiologi dan jumlah jam mengajar 4 jam per minggu di kelas XII setiap hari kamis dan Jumat. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah : (1) managemen waktu dalam mengajar kurang efektif, (2) pembagian materi yang masih kurang efektif (3) metode dan model pembelajaran yang masih cenderung ceramah. Adapun saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu agar diadakannya kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri sehingga mahasiswa dapat menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dalam rangka penguasaan kompetensi pembelajaran serta meningkatkan kualitas pengajarannya. Kunjungan dan pengarahan dari pihak UPPL tetap diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya. Selain itu, agar dapat terjadi kesinambungan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, kegiatan profesional, target frekuensi mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50359

Actions (login required)

View Item View Item