LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

DEBY AYUDIYA SAPUTRI, DEBY AYUDIYA SAPUTRI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Deby Ayudiya Saputri (13303241071 - Pend. Kimia).pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan, mempraktekan, dan mengamalkan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar sesuai bidang ilmu yang di pelajari. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 berlokasi di SMA N 10 Yogyakarta. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu mulai dari observasi, membuat perangkat pembelajaran sampai dengan evaluasi. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut serta di bimbing juga oleh dosen Pembimbing lapangan Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kelas XI IPA 1 dan 3. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum KTSP, sehingga penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) juga menggunakan kurikulum KTSP. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah Power Point, Aplikasi Molecule Shape, dan Video Pembelajaran. Sedangkan peralatan yang digunakan adalag White Board, LCD, spidol, lembar kerja. Penulis juga mengadakan tugas terstruktur individu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali tatap muka. Dalam praktiknya, penyusun telah mengajar sebanyak 16 kali pertemuan di kelas. Jam-jam tersebut terpenuhi melalui praktik mengajar tetap di kelas XI IPA 1 dan 3. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 10 Yogyakarta, mahasiswa mendapatkan pengalaman langsng secara nyata berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas serta kegiatan sekolah lainnya. Sehingga, mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dan dimiliki sesuai dengan prodi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SMA Negeri 10 Yogyakarta, Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 01:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50351

Actions (login required)

View Item View Item