PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN PADA PERATURAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X DI SMA N I MINGGIR

Anggritasari, Denna (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN PADA PERATURAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X DI SMA N I MINGGIR. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Denna Anggritasari_12804244040.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah siswa kelas X di SMA N 1 Minggir. 2) Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah siswa kelas X di SMA N 1 Minggir. 3) Pengaruh kecerdasan emosional dan pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah siswa kelas X di SMA N 1 Minggir. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Minggir yang berjumlah 123 siswa. Uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah, dengan nilai thitung 3,228 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah, dengan nilai thitung 2,798 dan nilai signifikansi sebesar 0,006 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional dan pola asuh demokratis orang tua terhadap kedisiplinan pada peraturan sekolah dengan nilai Fhitung 16,721 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,218 (21,8%). Hasil ini mengindikasikan bahwa kedisiplinan pada peraturan sekolah dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan pola asuh demokratis orang tua sebesar 21,8%, sedangkan sisanya 78,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kecerdasan Emosional , Pola Asuh demokratis, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Bimbingan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:17
Last Modified: 06 Jul 2017 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50339

Actions (login required)

View Item View Item