PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO EXPLAINER MODEL INFOGRAPHIC PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2016/2017

Mafazah, Hanifatul (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO EXPLAINER MODEL INFOGRAPHIC PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANIFATUL_10404244027.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video explainer model infographic untuk membantu pembelajaran ekonomi kelas X materi manajemen. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran video explainer model infographic. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Dick&Carey. Terdiri sepuluh tahap, yaitu: 1) Analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran. 2) Analisis pembelajaran. 3) Analisis pembelajar dan konteks. 4) Merumuskan tujuan performansi. 5) Mengembangkan instrumen. 6) Mengembangkan strategi pembelajaran. 7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran. 8) Merancang dan melakukan evaluasi formatif. 9) Melakukan revisi. 10) Melakukan evaluasi sumatif. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi, tiga ahli media, dan tiga guru ekonomi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada tiga siswa saat uji coba satu-satu, enam siswa saat uji coba kelompok kecil, dan 26 siswa saat uji coba kelompok besar. Penelitian dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket skala Likert lima. Melalui teknik analisis deskriptif kuantitatif dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian. Penelitian menunjukkan video explainer “Layak” sebagai media pembelajaran. Penilaian dari ahli materi “Baik” dengan skor rata-rata 3,92. Penilaian dari ahli media “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,13. Penilaian dari guru “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,09. Penilaian dari siswa saat uji coba satu-satu “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,50. Penilaian dari siswa saat uji coba kelompok kecil “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,27. Penilaian dari siswa saat uji coba kelompok besar “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,03. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Explainer Model Infographic

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 14:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50333

Actions (login required)

View Item View Item