LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Reni Setyawati Rahayu, Reni Setyawati Rahayu (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ppl lap.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu wadah bagi setiap mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar di satuan pendidikan yakni dengan terjun langsung ke dalam satuan pendidikan terkait.Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan PPL ini adalah untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan.Program-program yang dilaksanakan dalam kegiatan PPL ini mengupayakan agar keterampilan kependidikan yang diperoleh mahasiswa di kampus dapat direalisasikan dan dikembangkan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK YP 17 MAGELANG, dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi: a) Penerjunan PPL; b) Observasi Sekolah; c) Observasi kelas; d) Pendampingan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB); e) Pendampingan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD); f) Pesantren kilat; g) Pembuatan media pembelajaran prakarya; h) Penyusunan Rencana Peleksanaan Pembelajaran (RPP); i) Pembuatan media pembelajaran “powerpoint”; j) Praktik Mengajar; k) Pembuatan media pembelajaran manual. Praktik langsung di sekolah dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh bekal dan pengalaman mengenai tugas guru sebagai seorang pengajar dan seorang pendidik. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar mata pelajaran Seni Budaya dan Kreativitas di kelas X AK 1, X AK 2, XI AK 1 dan XI AK 2. Bahan ajar yang diberikan adalah Kerajinan Batik Tulis Kegiatan pembelajaran meliputi teori dan praktik. Secara umum kegiatan PPL yang telah disusun dan direncanakan berlangsung dengan baik dan lancar.Sebagaimana tujuan dari kegiatan PPL, mahasiswa PPL dituntut untuk belajar bersosialisasi dengan lingkungan pembelajaran di sekolah.Selain itu, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan teori pembelajaran yang selama ini diterima di bangku kuliah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL UNY 2016, SMK 17 MAGELANG, Pendidikan Seni Kerajinan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50324

Actions (login required)

View Item View Item