LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

SOFIA DAHLIANI MUSTIKA, SOFIA DAHLIANI MUSTIKA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL-SOFIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebuah sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya yang selama ini didapatkan di bangku kuliah. Lewat PPL pula, mahasiswa dihadapkan pada kondisi dan fakta yang sesungguhnya tentang dunia yang nanti akan digelutinya. Tentang sekolah dan lingkungannya, tentang berbagai macam guru dan penyikapannya, tentang kelengkapan alat dan bagaimana cara pemanfaatannya, dan tak kalah penting adalah tentang siswa dan berbagai jenis karakter dan cara untuk menghadapi serta menanganinya. Hal ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan diri menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. SMA Negeri 1 Purworejo adalah sekolah tempat praktik penulis. Sekolah ini sudah sejak lama menjadi sekolah unggulan dan paling favorit di Purworejo, juga menjadi salah satu sekolah rujukan di Indonesia dalam menerapkan Kurikulum 2013 yang implementasinya berbasis pendekatan saintifik. Terlihat dari fasilitas sekolah yang lengkap dan memadai, kondisi fisik sekolah berbasis green house yang nyaman untuk para siswa yang sedang menuntut dan mengembangkan ilmu serta kemampuannya untuk menjadi penerus bangsa yang unggul, serta kondisi para siswa pilihan yang memiliki tingkat rata-rata intelektual yang lebih tinggi dan memiliki sikap spiritual lebih baik dibandingkan dengan sekolah sederajat lainnya. Di sekolah ini, penulis mendapat kelas praktik resmi di kelas XI IIS 1 dan kelas XI IIS 2. Penulis juga mendapat kesempatan mengajar di kelas XI MIA 7, kelas XII MIA 6, dan kelas XII MIA 7. Di seluruh kelas ini, sebagaimana kelas-kelas laindi sekolah ini, penulis mendapatkan suasana belajar yang berdeda dari yang penulis ketahui pada sekolah sederajat lainnya. Para siswa yang memiliki tingkat intelektual tinggi dengan persaingan yang baik dan sehat, memudahkan penulis dalam mengajar dan menyajikan materi, hal ini juga menjadi sebuah tantangan bagi penulis untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam mengajar, menyajikan materi, mengatur kondisi kelas, dan berbagai kegiatan kelas yang penulis kurang mampu dalam penyajiannya yang baik. Para siswa pun tergolong sangat antusias dalam dalam belajar bahasa Inggris, terlihat dari semangat mereka dalam berbagai kegiatan kelas di mata pelajaran bahasa Inggris dan berbagai praktik belajar yang mereka kerjakan. Dengan berbagai kondisi tersebut, Praktik Pengalaman Lapangan ini menjadi kesempatan berharga bagi penulis dalam meningkatkan kemampuan penulis dari berbagai hal mengajar maupun kegiatan sekolah yang lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan, SMA Negeri 1 Purworejo, Bahasa Inggris.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50320

Actions (login required)

View Item View Item