LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Diana Prasastiawati, Diana Prasastiawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 - COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 - ISI LENGKAP.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 - LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL LENGKAP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan upaya untuk membekali mahasiswa calon pendidik atau tenaga kependidikan di masa yang akan datang. Kegiatan ini perlu dimaknai sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (yang selanjutnya disingkat PPL) ini merupakan Mata Kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa Prodi Kependidikan UNY sebelum mahasiswa diterjunkan ke lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purworejo selama lebih kurang dua bulan terhitung sejak tanggl 15 Juli sampai dengan 14 September 2016. Kegiatan yang dilaksanakan mencakup pengenalan sekolah dan terjun langsung dalam kegiatan belajar mengajar maupun administrasi sekolah. Melalui PPL praktikan dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus dan menyesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Selain intrakulikuler, mahasiswa PPL juga mendapat pengalaman untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan sekolah lainnya, seperti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk siswa baru, Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit), Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), persiapan akreditasi sekolah, persiapan karnaval HUT RI, dan berbagai kegiatan lainnya. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, praktikan mendapatkan tugas untuk melakukan praktik mengajar mata pelajaran geografi lintas minat di dua kelas yakni kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6. Praktikan mendapatkan jumlah jam mengajar masing-masing kelas 4 jam per minggu. Dengan demikian, dalam dua bulan berjalan praktikan mendapat kesempatan untuk menjalankan 10 kali pertemuan. Selain mengajar, mahasiswa juga mengerjakan beberapa kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran (kegiatan non-mengajar) seperti piket guru dan mengampu berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah: (1) pengerjaan perangkat pembelajaran yang mendadak, dan (2) pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif. Saran untuk kegiatan PPL di masa yang akan datang adalah perlu dijalin kembali komunikasi yang jelas dan baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan agar kegiatan dapat berjalan lancar. Pihak Universitas hendaknya memberikan penjaminan fasilitas baik moril maupun material untuk pihak sekolah di awal penerjunan PPL sehingga memudahkan sekolah untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa dalam menjalankan kerjasama kegiatan PPL ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, SMA Negeri 1 Purworejo, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50317

Actions (login required)

View Item View Item