LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Arfin Hasanah, Arfin Hasanah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10 Laporan PPL_ARFIN HASANAH_13312241003.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar, cara menyiapkan rencana proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam PPL ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain praktik mengajar maupun kegiatan non mengajar di sekolah. Dalam kegiatan mengajar perlu dilakukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan RPP, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam praktik mengajar ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas 8B dan 8C dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran IPA. Adapun alokasi waktu mengajar mata pelajaran IPA adalah 1 jam pelajaran = 40 menit. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMP Negeri 10 Magelang, serta rekan PPL lainnya. Secara umum, kegiatan PPL di SMP Negeri 10 Magelang dapat berjalan dengan lancar, hal ini dikarenakan banyaknya faktor pendukung selama kegiatan PPL, diantaranya adalah fasilitas sekolah, guru pembimbing, rekan sejawat, dll. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik perlu ditingkatkan lagi koordinasi antara LPPMP, DPL PPL dan sekolah agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada praktikan PPL sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2016 dapat berjalan lancar. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pihak Universitas, mahasiswa serta siswa SMP Negeri 10 Magelang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UNY, PPL, SMP Negeri 10 Magelang.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 06:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50296

Actions (login required)

View Item View Item