LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

DIAN RACHMAWATI, DIAN RACHMAWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dian Rachmawati-13513241046.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki sebuah program yang ditujukan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan yaitu program praktik pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu misi yang dimiliki UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Untuk menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan menjadi tenaga pendidik. Program PPL merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa karena menjadi salah satu syarat untuk menempuh gelar sarjana kependidikan selain tugas akhir. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan diawali dengan observasi ke lapangan, sehingga mengetahui kondisi yang ada di sekolah khususnya di SMK Negeri 6 Purworejo. Setelah mengetahui keadaan sekolah berdasarkan data yang telah terkumpul, disusunlah program kerja yang dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan PPL berdasarkan skala prioritas, kebutuhan, dan waktu. Praktik mengajar dilakukan untuk melatih ketrampilan dan kemampuan mahasiswa dalam mengajar berdasarkan bekal dan persiapan yang telah dilakukan. Pelaksanaan program PPL berlangsung berdasarkan rencana yang telah dibuat dan menerapkan ilmu berdasarkan pembelajaran mikro. Pada kegiatan PPL, mahasiswa menerapkan langkah-langkah dalam mengajar dan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 s.d 15 September 2016. Mahasiswa praktik mengajar 2 kelas yaitu kelas X Busana Butik 1 (hari Senin dan Selasa) dan X Busana Butik 2 (hari Rabu dan Kamis). Materi pokok yang diajarkan pada kelas X adalah penerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) yang meliputi teori pengertian, tujuan, undang-undang ketenagakerjaan, SOP (Standar Operasional Prosedur) K3, prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di industri custom-made, prosedur mencegah kebakaran, hal-hal yang berkaitan dengan keamanan di lingkungan kerja, bahaya di tempat kerja, APD (Alat Pelindung Diri), infeksi penyakit dan cara menghindari, konsep penampilan diri, serta konsep kesehatan jasmani. Selain itu mahasiswa juga mengajar tentang macam-macam busana bayi, pembuatan pola dan cara menjahit sarung bantal bayi, pembuatan celemek, dan macam-macam tusuk hias. Meskipun hanya dua bulan pada hari Senin – Jum’at, mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, dan merasakan menjadi guru. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, serta teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, UNY, SMK N 6 Purworejo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 06:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50285

Actions (login required)

View Item View Item