OPTIMALISASI MONITORING PENGGUNAAN DANA BOS MELALUI REKAPITULASI LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN RINCIAN PEROBYEK BELANJA DANA BOS TRIWULAN I dan II TINGKAT SMP BERBASIS KOMPUTER SE KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2016 DI DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO

Widianti, Mira (2016) OPTIMALISASI MONITORING PENGGUNAAN DANA BOS MELALUI REKAPITULASI LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN RINCIAN PEROBYEK BELANJA DANA BOS TRIWULAN I dan II TINGKAT SMP BERBASIS KOMPUTER SE KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2016 DI DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MIRA WIDIYANTI 13101241038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kerjasama antara perguruan tinggi, sekolah, dinas, dan lembaga-lembaga lain yang terkait dengan bidang kependidikan. PPL yang dilaksanakan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan, Prodi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di wilayah DIY dan sekitarnya untuk menjadi tempat pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program yang direncanakan oleh penyusun dalam PPL I pada intinya adalah Optimalisasi Monitoring Penggunaan Dana Bos Melalui Rekapitulasi Laporan Pertanggungjawaban Rincian Perobyek Belanja Dana Bos Triwulan I Dan II Tingkat SMP Berbasis Komputer Se-Kabupaten Purworejo Tahun 2016. Program ini disusun dan diusulkan karena mempertimbangkan perbandingan volume pekerjaan dengan jumlah tenaga yang bertanggungjawab pada bagian manajemen BOS kurang seimbang dan atas permintaan dari pihak dinas. Sehingga pihak dinas dan pelaksana sepakat untuk mengimplementasikan program tersebut. Secara umum pelaksanaan implementasi program utama tersebut dapat berjalan dengan baik. Namun, terdapat beberapa kendala sehingga sumber data (laporan) yang akan direkap. Pada awalnya yang akan direkap adalah laporan triwulan II dan III namun dikarenakan belum adanya sekolah yang mengirimkan laporan triwulan III, maka sumber data kegiatan rekap dialihkan dari laporan triwulan I dan II. Program ini tidak terselesaikan dengan sempurna karena sulitnya menghimpun laporan dari sekolah-sekolah yang belum mengumpulkan laporan triwulan I dan II kepada dinas. Selain program utama, terdapat program penunjang yang berupa penyelesaian tugastugas rutin di bagian sekretariat, program tambahan yang pelaksanaannya berupa penyelesaian tugas tambahan dinas dari bagian/bidang lain, dan program insidental yang pelaksanaannya bersifat mendadak dari dinas. Pelaksanaan program utama, program penunjang, program tambahan, dan program insidental dapat terlaksana dengan lancar dengan persentase 98%. Untuk sisa 2% dikategorikan sebagai hal-hal kecil yang sedikit menghambat proses pelaksanaan program. Persentase dari pelaksanaan program utama adalah sebesar 46% dengan jumlah 140 jam, program penunjang sebesar 20% dengan jumlah 62 jam, program insidental sebesar 21% dengan jumlah 62 jam, dan tahap persiapan, observasi dan laporan sebesar 11% dengan jumlah jam 33 jam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Slamet Lestari, M. Pd. (Dosen Pembimbing Lapangan)
Uncontrolled Keywords: PPL, BOS, Purworejo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 04:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50278

Actions (login required)

View Item View Item