LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )

Nur Seto Aji, Nur Seto Aji (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
CATATAN MINGGUAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL NUR SETO AJI.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
MATRIKS PROGRAM KERJA PPL.doc

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
RPP 1 XI IIS.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 2 XI IIS.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 3 XI IIS.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 4 XI IIS.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
XI IPS 1 (A)&(B) FIX.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
XI IPS 2 (A)&(B) FIX.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
XI IPS 3 (A)&(B) FIX.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program dari UNY dan sudah bertahun-tahun ada. Pelaksanaan PPL memberikan mahasiswa pengalaman mengajar secara nyata yang sesuai dengan teori-teori yang diperoleh dari kampus. Mahasiswa mendapatkan media untuk menerapkan ilmu yang sebelumnya didapat dari dosen untuk diaplikasikan ke sekolah yang mereka pilih untuk pelaksanaan PPL. SMA Negeri 3 Purworejo yang beralamat di Keduren,Purwodadi,Purworejo menjadi sekolah yang dipilih oleh penulis untuk melaksanakan program PPL UNY 2016 yang dilaksanakan pada semester khusus tahun pelajaran 2016/2017 selama dua bulan mulai 15 Juli – 15 September 2016. Program PPL menjadi ajang untuk bertukar ilmu antara mahasiswa dengan guru pembimbing mahasiswa sesuai dengan jurusan/prodi mereka. Mahasiswa dan guru pembimbing saling bekerja sama untuk mendapat hasil maksimal selama dua bulan program PPL berlangsung. Mahasiswa yang berstatus sebagai pengajar selama dua bulan dan berhadapan dengan siswa secara langsung adalah bentuk dari pengalaman lapangan yang harus dilalui sebelum benar-benar kelak menjadi pengajar yang sebenarnya. Kegiatan PPL terdiri dari penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, penerapan inovasi pembelajaran, pembelajaran administrasi guru, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Sosiologi. Program PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran berupa Rincian Minggu Efektif, Program Semester, Program Tahunan. RPP, Materi dan Silabus. Selama peksanaan program PPL mahasiswa dapat menyusun RPP untuk satu KD tentang kelompok sosial. Penulis mendapatkan jatah untuk mengajar kelas XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI IIS 3. Proses mengajar selama dua bulan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Masalah yang didapati selama mengajar teratasi oleh bantuan dari guru pembimbing dan siswa yang mulai dapat bekerja sama dengan baik dengan penulis setelah beberapa pertemuan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 08:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50261

Actions (login required)

View Item View Item