LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Desak Made Yulia Kusuma Wardani, Desak Made Yulia Kusuma Wardani (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DESAK MADE YULIA_13513241024.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan PPL merupakan bentuk implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching dan mata kuliah lain yang menyangkut kependidikan yang selama ini telah dipelajari semasa perkuliahan dari semester 1 hingga semester 6. Universitas Negeri Yogyakarta dalam melaksanakn PPL ini bekerjasama dengan beberapa instansi kependidikan yang berada di wilayah DIY dan Jawa Tengah, terutama untuk wilayah Jawa Tengah adalah Klaten, Purworejo dan Surakarta Pada kesempatan kali ini penulis di terjunkan dan diberi kesempatan untuk melaksanakan praktek pengalaman lapangan di SMKN 4 Surakarta. SMKN 4 Surakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang beralamatkan di jalan Laksamana Udara Adi Sucipto No.40 Surakarta. SMKN 4 surakarta merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013, sehingga penulis mendapatkan banyak pembelajaran baru dari kurikulum yang sudah diterapkan di SMKN 4 Surakarta. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan di SMKN 4 Surakarta dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal 26 September 2016. Praktek pengalaman lapangan diharapkan memberikan kontribusi dan manfaat kepada pihak sekolah dalam hal pengalaman dan pembelajaran ilmu baik dari pihak sekolah maupun kepada mahasiswa yang melaksanakan PPL maupun sebaliknya. Diharapkan kegiatan PPL ini juga memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, latihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlakukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab. Sebelum masa pelaksanaan PPL, dilaksanakan terlebih dahulu pembekalan PPL. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa mempunyai bekal dan gambaran mengenai pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum masa penerjunan PPL dimulai. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran(meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Masa awal kegiatan PPL meliputi observasi dalam kelas seperti kegiatan belajar mengajar, pengkondisian murid dan evaluasi pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 kali, di kelas dari tanggal 18 Juli sampai dengan 26 September 2016 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan tiap minggu pada hari senin sampai jumat. Setiap pertemuan berdurasi empat jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit).Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Micro Teaching, kurikulum 2013, SMKN 4 Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 07:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50252

Actions (login required)

View Item View Item