LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN( PPL)

MARIA PASKALIA NUGRAHENI, MARIA PASKALIA NUGRAHENI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN( PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LAPORAN INDIVIDU.docx

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari program ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016.Kegiatan PPL berlokasi di SMA Negeri 8 Purworejo.Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi pra PPL di bulan Februari 2016. Kegiatan PPL tahun ini meliputi : observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Program PPL sebagai sarana pelatihan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut.kegiatan mengajar dilakukan di kelas X IIS 1 sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dlam praktek mengajar dilakukan berbagai persiapan mulai dari penyusunan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga Penyusunan soal ulangan harian. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi mahasiswa sebagai bekal mengajar.Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di dalam kela. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value.Keberadaan mahasiswa membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Perangkat Pembelajaran, SMA Negeri 8 Purworejo.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 06:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50245

Actions (login required)

View Item View Item