LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ria Apriliana, Ria Apriliana (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIA APRILIANA 13205241032 P BAHASA JAWA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta bertujuan untuk (1)mengabdikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolahan yang lebih berkualitas, dan (2) melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa secara konkret.Program dan tujuan sekolah untuk menghasilkan kualitas lulusan yang lebih baik.Keduanya dicapai dengan program-program pembelajaran yang disusun dengan indikator ketercapaian pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Yogyakarta mulai dilaksanakan pada minggu kedua bulan Juli 2016 sampai dengan minggu kedua bulan September 2016. Praktikan adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa. Kegiatan pengajaran praktikan dilaksanakan oleh praktikan di kelas VIII C dan VIII F. Ada beberapa program kerja PPL yang diprogramkan oleh praktikan antara lain penyajian media pembelajaran audiovisual, pendampingan HUT SMP N 2 Yogyakarta, penyusunan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), praktik mengajar terbimbing dan mandiri, penugasan terstruktur, dan menyusun serta mengembangkan instrumen evaluasi berupa soal ulangan dan penilaian. Program-program PPL yang telah direncanakan oleh praktikan dapat berjalan dengan baik,namun ada beberapa hambatan yang timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain: banyaknya kegiatan di sekolah yang banyak menyita waktu praktik mengajar, ketika KBM berlangsung ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan sibuk dengan kegiatannya sendiri, siswa sedikit meremehkan praktikan karena bukanlah seorang guru, sehingga ketika diberikan tugas siswa banyak protes akan tetapi dengan pendekatan secara personal kepada siswa-siswa tersebut maka hal tersebut bisa diatasi, belum adanya buku pegangan yang dimiliki siswa kelas VIII mengakibatkan pembelajaran cukup terhambat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik.Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 06:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50240

Actions (login required)

View Item View Item