LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

ARUM YUANA, ARUM YUANA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
ARUM YUANA 13401241079 PKn.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2016 di SMP Negeri 2 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Panembahan Senopati 28-30 Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta telah dilaksanakan oleh praktikan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Praktikan adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Program PPL yang telah dilaksanakan adalah penyusunan perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penggunaan media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi seperti kisi–kisi, soal ulangan harian, praktik mengajar mandiri dan mengoreksi hasil ulangan harian. Praktikan telah melaksanakan praktik mengajar di kelas VIII D, VIII F dan VIII G sebanyak 20 kali pertemuan. Praktikan juga sempat mengisi kelas VIII C, IX B, IX C, IX D, IX E, IX F dan IX G untuk menggantikan guru yang berhalangan mengisi sebanyak 9 kali pertemuan. Materi yang diajarkan untuk kelas VIII yaitu Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, dan pengertian konstitusi. Metode atau model pembelajaran yang digunakan selama praktik mengajar yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, team game tournament, contextual teaching learning, penugasan kelompok dan penugasan individu. Beberapa kegiatan non mengajar yang telah dilaksanakan oleh praktikan antara lain tadarus dan pembiasaan, piket mingguan, kegiatan perpustakaan, upacara bendera upacara HUT RI, pendampingan lomba siswa dan guru karyawan HUT SMP Negeri 2 Yogyakarta, upacara dan pensi HUT SMP Negeri 2 Yogyakarta. Berbagai program PPL dapat terlaksana dengan lancar karena adanya bimbingan secara berkesinambungan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing PPL serta peran aktif peserta didik selama proses pembelajaran. Namun selama pelaksanaan PPL praktikan juga menemui beberapa hambatan, seperti kurangnya teknik dalam penguasaan kelas, sebagian peserta didik membuat kegaduhan saat pembelajaran, ada RPP yang tidak terlaksana seluruhnya di awal pertemuan, masih rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sering kekurangan waktu, dan peserta didik sedikit meremehkan praktikan dengan tidak mengerjakan tugas. Berkaitan dengan hambatan-hambatan tersebut praktikan selalu berusaha untuk mengatasinya sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan memperoleh bekal, pengalaman dan gambaran nyata mengenai kegiatan dan permasalahan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik dan lancar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SMP Negeri 2 Yogyakarta, Program, PPL
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Jul 2017 03:46
Last Modified: 03 Jul 2017 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50232

Actions (login required)

View Item View Item