LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Hanifah Nurunnikmah, Hanifah Nurunnikmah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PBSI-Hanifah_Nurunnikmah-13201244009.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Perlu kita ketahui bahwa mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Oleh karena itu, kompetensi seorang pendidik sangat dibutuhkan ketika terjun langsung dalam sekolah untuk menempuh mata kuliah ini selama dua bulan. Sekolah yang ditempati untuk praktik mengajar adalah SMP Negeri 9 Yogyakarta yang beralamat di Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perlu kita ketahui sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PPL tahun ini. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Selain itu, sekolah ini sangat disiplin dan religius dalam mengajar siswa-siswanya. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar beberapa kali dengan alokasi masing-masing 120 menit setiap pertemuan (3x40 menit). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Hal yang paling penting dalam PPL adalah bagaimana menjadi pendidik yang menginspirasi siswa dan menjadi pendidik yang dapat menempatkan diri di mana saja dia berada. Selain guru di kelas yang memberikan materi pelajaran juga menjadi teman yang membuat siswa nyaman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, pendidik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 03:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50225

Actions (login required)

View Item View Item