Irfan Zidny, Irfan Zidny (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
PBI - IRFAN ZIDNY - 13202241026.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan bertujuan untuk menerapkan secara nyata ilmu yang telah dipelajari mahasiswa di universitas di masyarakat sekolah yang tentu saja berbeda dengan masyarakat umum. Kegiatan ini adalah wujud kerja nyata mahasiswa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat pendidikan yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Diharapkan pada akhir kegiatan, mahasiswa akan mampu menjadi seorang pendidik yang berkualitas demi memajukan kualitas bangsa. Sebelum masuk pada pelaksanaan PPL, terlebih dahulu mahasiswa melakukan observasi guna menyusun rumusan program yang nantinya akan dilaksanakan pada saat PPL berlangsung. Selain observasi, mahasiswa disiapkan secara matang oleh pihak Universitas melalui berbagai kegiatan para - PPL mulai dari pembekalan hingga tahap mengikuti mata kuliah microteaching. Setelah semua persiapan dirasa matang maka berlangsunglah kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta di setiap lokasi PPL yang sudah ditentukan. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan PPL dilakukan dengan mengajar baik pada intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan intrakurikuler yaitu mengajar di kelas selama jam kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan dalam tiga kelas yakni kelas 8B, 8E, 8F. Sebelum praktek mengajar di kelas, mahasiswa Praktikan menyiapkan segala kelengkapan yang umumnya dilakukan oleh guruguru profesional yaitu membuat Rancangan program Pembelajaran (RPP), hingga Kisi-kisi Soal Ujian. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain: informasi, demonstrasi, diskusi, dan praktek. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media antara lain audio dan video. Pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, mahasiswa membantu guru Bahasa Inggris untuk mengajar English Speaking Club. Dalam melaksanakan kegiatan PPL tentu mahasiswa menjumpai banyak kendala dan hambatan, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan; atau juga menghadapi siswa yang cukup kesulitan mengikuti materi pembelajaran Seni Budaya. Dengan adanya kegiatan PPL ini, Praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran secara nyata tentang kegiatan di dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerja sama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL yang berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 Jul 2017 03:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |