PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI SPIRITUAL

Kusmia Dewi, Yuyun and Mundilarto, Mundilarto (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI SPIRITUAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _Yuyun Kusmia Dewi_13302241073.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi spiritual. Selain itu, untuk memetakan kompetensi spiritual siswa dengan menggunakan instrumen non tes berbasis scientific approach yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D yang terdiri dari 4 tahapan utama, yaitu: studi pendahuluan (research), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan penyebarluasan (dessemination). Pada tahap research, mencari informasi mengenai keadaan pembelajaran fisika di sekolah melalui analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisis kurikulum. Pada tahap development, pendefinisian dan perancangan instrumen sehingga terbentuk draft yang divalidasi oleh ahli dan selanjutnya menghasilkan produk instrumen yang layak diujicobakan. Pada tahap implementation, produk di uji coba di kelas yang sebenarnya. Pada tahap dessemination, penyebarluasan instrumen non tes hasil pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Yogyakarta sejumlah 64 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli instrumen non tes yang dikembangkan dinyatakan layak dengan kategori sangat baik. Hasil pemetaan kompetensi spiritual siswa menggunakan instrumen non tes yang telah dikembangkan, yaitu: Sangat Baik (14%), Baik (24%), Cukup (53%), dan Kurang (9%). Kata kunci: instrumen non tes, scientific approach, kompetensi spiritual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 14:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50213

Actions (login required)

View Item View Item