KARAKTERISTIK PUISI SISWA SMP NEGERI KELAS VIII DI KABUPATEN SLEMAN

Nurohmawati, Isnein (2017) KARAKTERISTIK PUISI SISWA SMP NEGERI KELAS VIII DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI-ISNEIN NUROHMAWATI-12201244016.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 21 April 2022.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik puisi siswaSMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman berdasarkan struktur fisik dan struktur batin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yakni puisi siswa SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman sebanyak 60 puisi. Objek penelitian ini adalah struktur fisik (versifikasi, majas, dan pengimajian) dan struktur batin (tema, nada dan suasana, perasaan, dan amanat) pada puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan dengan teknik baca dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui reliabilitas intrarater dan interater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur fisik dan struktur batin pada puisi siswa cukup bervariasi. Berdasarkan struktur fisik puisi, versifikasi rima frekuensi kemunculan paling tinggi adalah ulangan bunyi asonani. Pada aspek majas frekuensi kemunculan paling tinggi adalah simile. Pada pengimajian frekuensi kemunculan paling tinggi adalah imaji visual. Unsur selanjutnya yaitu struktur batin. Dari berbagai tema yang digunakan, frekuensi kemunculan tinggi adalah tema alam. Aspek selanjutnya yaitu nada dan suasana, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah nada dan suasana santai. Pada aspek perasaan frekuensi kemunculan paling tinggi adalah perasaan gembira. Terakhir penggunaan amanat, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah amanat menjaga lingkungan alam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: characteristics, poetry, junior high school students
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:06
Last Modified: 30 Jan 2019 14:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50210

Actions (login required)

View Item View Item