Wijayanti, Rika (2017) HUBUNGAN ANTARA SKEMATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
Skripsi-Rika Wijayanti-PBSI-13201241007.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 19 April 2022. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) skemata siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan terkait teks eksposisi, (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan, (3) hubungan antara skemata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan dengan jumlah 224 siswa. Sampel penelitian sejumlah 112 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis bentuk esai. Instrumen yang digunakan berupa tes skemata dan tes kemampuan menulis teks eksposisi. Uji instrumen dilakukan dengan telaah ahli dan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan program IBM SPSS 21. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ada tiga. Pertama, data variabel skemata menunjukkan bahwa 22 siswa (19,6%) memiliki skemata berkategori tinggi, 71 siswa (63,4%) memiliki skemata berkategori sedang, dan 19 siswa (17%) memiliki skemata berkategori rendah. Secara keseluruhan, rerata skor skemata siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan terkait teks eksposisi berada pada kategori sedang. Kedua, data variabel kemampuan menulis teks eksposisi menunjukkan bahwa 24 siswa (21,4%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori tinggi, 67 siswa (59,8%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori sedang, dan 21 siswa (18,8%) memiliki kemampuan menulis teks eksposisi berkategori rendah. Secara keseluruhan, rerata skor kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan berada pada kategori sedang. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara skemata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,740 > 0,219) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01. Berdasarkan interpretasi nilai r, nilai tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini ditandai dengan selisih antara r hitung dengan r tabel sebesar 0,521. Jadi, skemata memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | skemata, menulis, teks eksposisi, menulis teks eksposisi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 01:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |