LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016

Revika Niza Artiyana, Revika Niza Artiyana (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Revika Niza A_13108241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang sudah disusun oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk meningkatkan kapasitas mahasiswanya khususnya yang berasal dari bidang kependidikan. Salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2016 adalah SD Negeri Baciro. Program PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Baciro berlangsung mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Adanya kegiatan PPL diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan menggali pengalaman mengajar secara professional di lingkungan sekolah. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan yang telah disusun sebelumnya. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, ujian praktik mengajar, serta pelaksanaan program kerja lainnya. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan lima kali yaitu pada tanggal 28 Juli 2016, 02 Agustus 2016, 04 Agustus 2016, 08 Agustus 2016, dan 10 Agustus 2016. Sedangkan pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan tiga kali yaitu pada tanggal 16 Agustus 2016, 19 Agustus 2016, dan 23 Agustus 2016. Ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 05 dan 07 September 2016. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi serta meliputi mata pelajaran eksak dan non-eksak. Program yang telah dilaksanakan di SD Negeri Baciro yaitu pengelolaan perpustakaan, lomba 17 Agustus, pendampingan upacara, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler, pendampingan kantin kejujuran, pendampingan UKS, mading, workshop, pengadaan buku perpustakaan, administrasi surat, dan penyusunan laporan. Program-program yang sudah disusun dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh warga SD Negeri Baciro. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Baciro, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SD Negeri Baciro. Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2017 06:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50204

Actions (login required)

View Item View Item