Nur Farizal, Nur Farizal (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SDN BACIRO Jalan Mawar No. 17 A Baciro Gondokusuman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
DOKUMENTASI KEGIATAN PPL.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
JADWAL MENGAJAR.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
laporan dr cover.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
matrik program f4.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
rpp sd baciro kls 2.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
rpp sd baciro kls 5 ..pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
rpp sd baciro kls 6 ujian.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SDN Baciro merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2016. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, kali yang dilaksanakan tanggal 26 Juli, 29 juli, 3 Agustus, 6 Agustus sedangkan praktik mengajar mandiri sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 8, 16,26 ,dan 31 Agustus 2016. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali pada tanggal 6 dan 14 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : PPL, Praktik Mengajar, SD N Baciro |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Jun 2017 06:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50201 |
Actions (login required)
View Item |