PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA CERITA ANAK BERDASARKAN STRATEGI DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA)BAGI SISWA KELAS VII SMP

BAETI, NUR (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA CERITA ANAK BERDASARKAN STRATEGI DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DR-TA)BAGI SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_NUR BAETI_PBSI_12201241056.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only until 15 March 2022.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran awal penggunaan buku ajar membaca cerita anak di SMP, mengetahui desain pengembangan buku ajar membaca cerita anak erdasarkan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) bagi Siswa Kelas VII SMP, mengetahui kelayakan buku ajar membaca cerita anak yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), pengembangan yang dilakukan mengacu pada model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono yang disederhanakan menjadi 6 tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk. Data diperoleh melalui wawancara, lembar validasi, dan angket. Data hasil wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif, sedangkan analisis lembar validasi dan angket langkah-langkahnya meliputi: mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif, tabulasi data yang diperoleh pada tiap aspek, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada penggunaan bahan ajar khusus membaca cerita anak di SMP. Semua guru masih menggunakan bahan ajar yang memuat empat kompetensi berbahasa dan belum pernah menggunakan bahan ajar yang memuat satu kompetensi berbahasa yang diintegrasikan berdasarkan strategi tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa Buku Ajar Membaca Cerita Anak Berdasarkan Strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) bagi Siswa Kelas VII SMP. Bahan ajar ini berisi uraian materi tentang pelajaran tertentu yang disusun secara sistematis berdasarkan suatu strategi, yakni strategi DR-TA, yaitu (1) memprediksi isi cerita, (2) membaca cerita, (3) mengubah prediksi, (4) memprediksi alur cerita. Hasil validasi buku ajar dari ahli materi, guru Bahasa Indonesia, dan siswa menunjukkan bahwa aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik”; aspek kelayakan penyajian berkategori “sangat baik”; aspek kelayakan bahasa dan keterbacaan berkategori “baik”; dan aspek kelayakan kegrafikan berkategori “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, membaca cerita anak, strategi DR-TA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2017 05:50
Last Modified: 22 Jun 2017 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50185

Actions (login required)

View Item View Item