LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 TEMPEL

Muhammad Abdul Kholiq Arfani, Muhammad Abdul Kholiq Arfani (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MATEMATIKA_M A KHOLIQ ARFANI_13301241064.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki tujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata dalam mengajar pesera didik di sekolah sehingga calon pendidik/guru dapat belajar dari guru-guru di sekolah tentang halhal yang berkaitan dalam pembelajaran di sekolah dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dimiliki mahasiswa sebagai calon pendidik/guru. SMP Negeri 2 Tempel terletak di Jalan Balangan-Tempel, Banyurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penyerahan mahasiswa berlangsung pada tanggal 23 Februari 2016 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Setelah itu, mahasiswa menghubungi guru pembimbing program studi matematika dan berdiskusi kapan bisa melakukan observasi dikelas menyesuaikan jadwal kuliah mahasiswa dan jadwal guru mengajar di kelas. Observasi dilakukan di kelas VII karena guru pembimbing mengajar di kelas VII, dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP N 2 Tempel, pada awalnya masih menggunakan KTSP dan pembelajaran di kelas menggunakan saintifik. Tetapi pada awal tahun pelajaran yang baru, kelas VII di SMP N 2 Tempel diharuskan menggunakan kurikulum 2013, sehingga mahasiswa melakukan konsultasi kembali ke guru pembimbing untuk materi pembelajaran matematika. Setelah konsultasi, mahasiswa diberikan 2 kelas untuk mengajar, yaitu kelas VII A dan VII C dengan jumlah masing-masing kelas 32 siswa. Sebelum mengajar di kelas, mahasiswa sudah dibekali kuliah microteaching dimana mahasiswa latihan membuat RPP yang sebelumnya sudah dikonsultasikan ke dosen pengampu microteaching, yang berperan sebagai siswa adalah teman-teman mahasiswa sendiri. Mahasiswa mulai masuk kelas dan mengajar pada tanggal 23 Juli 2016. Untuk materi, mahasiswa diminta menyiapkan RPP bab pertama tentang bilangan dan bab kedua tentang himpunan. Akan tetapi bab pertama tentang bilangan selesai pada minggu ke tujuh, mendekati penarikan PPL. Mahasiswa juga melakukan ulangan sebanyak 3 kali untuk bab 1 tentang bilangan bulat dan pecahan. Hasilnya kemudian dianalisis menggunakan program anbuso. Untuk kegiatan diluar pembelajaran, mahasiswa juga membantu sekolah dalam hal akreditasi seperti membuat banner kejuaraan dan seragam, membuat label ruang, dsb. Kegiatan praktik mengajar terlaksana sesuai jadwal dan memenuhi minimal 8 RPP karena mahasiswa mengajar lebih dari 8 RPP. Selain mengajar di kelas yang ditentukan, mahasiswa juga membantu mengisi kelas IX selama dua hari dikarenakan guru yang bersangkutan sedang ada kepentingan akreditasi. Hasil yang didapatkan mahasiswa selama PPL di SMP N 2 Tempel adalah mahasiswa mendapat pengalaman yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas serta berhadapan mengajar peserta didik yang memiliki beragam sikap dan tingkah laku. Selain dalam proses mengajar mahasiswa juga mendapat pengalaman membuat soal ulangan dan menganalisis hasil ulangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50184

Actions (login required)

View Item View Item