Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan dan Guling Belakang melalui Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Dlingo Bantul Tahun pelajaran 2005/2006.

Sidiq, Taufiq (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan dan Guling Belakang melalui Multimedia dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Siswa Kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Dlingo Bantul Tahun pelajaran 2005/2006. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-taufiq-sidiq-14711251028.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan dan guling belakang dengan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Dlingo Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Dlingo Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen dan pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, dan tes berupa penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan multimedia dalam pemebelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan materi senam lantai guling depan dan guling belakang terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas. Dari hasil pengamatan observasi awal diperoleh rata-rata kelas 58,4% dengan prosentase 20% tuntas dan 80% belum tuntas. Hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata kelas 65,8% dengan prosentase 30% tuntas dan 70% belum tuntas. Hasil penelitian siklus II diperoleh rata-rata kelas 73,1% dengan prosentase 50% tuntas dan 50% belum tuntas. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Penelitian harus berhenti di siklus dua dengan menyesuaikan KTSP dalam silabus penjasorkes kelas VIII SMP/MTs yang hanya dua kali pertemuan dalam pembelajaran senam lantai setiap semesternya. Tindakan siklus akan dilanjutkan disemester berikutnya di luar dari penelitian ini. Proses pembelajaran senam lantai guling depan dan guling belakang melalui pemanfaatan multimedia berlangsung dinamis dan menyenangkan dan hasil pengamatan terhadap guru, siswa, dan kegiatan saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan. Pembelajaran penjasorkes melalui pemanfaatan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, senam lantai guling depan dan guling belakang, multimedia.
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:51
Last Modified: 09 May 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50183

Actions (login required)

View Item View Item