LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 TEMPEL

Nurmalita Fajarini, Nurmalita Fajarini (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 TEMPEL. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
IPS_NURMALITA FAJARINI_13416244007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program kegiatan latihan kependidikan yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. PPL memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki dalam kegiatan pembelajaran melalui proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. PPL dapat pula melatih kemampuan mahasiswa yang meliputi 4 ketrampilan diantaranya ketrampilan pedagogik, ketrampilan sosial, ketrampilan kepribadian, ketrampilan profesional melalui kegiatan mengajar maupun non mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tempel yang berlokasi di Jalan Balangan-Tempel, Banyurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewaa Yogyakarta (DIY). Kegiatan PPL tersebut berlangsung selama 8 minggu atau dua bulan terhitung dari tanggal 15 Juli sampai 15 September. Penyerahan mahasiswa berlangsung pada tanggal 23 Februari 2016 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Setelah itu, mahasiswa menghubungi Guru Pembimbing Lapangan mata pelajaran IPS dan berdiskusi banyak hal mengenai rencana kegiatan pembelajaran termasuk menyangkut kondisi siswa dan sekolah. Dalam pelaksanaannya, berbagai program kegiatan PPL telah berhasil dilaksanakan, diantaranya praktik mengajar, penyusunan administrasi guru, piket guru, konsultasi dengan guru pembimbing, pendampingan mengajar, menyusun dan mengoreksi soal, tugas dan ulangan harian, konsultasi dengan DPL PPL, pembuatan laporan PPL, pendampingan persiapan upacara bendera, upacara bendera dan persiapan akreditasi sekolah. Kegiatan praktik mengajar terlaksana sesuai jadwal dan memenuhi minimal RPP. Selain mengajar di kelas yang ditentukan. Tentunya kegiatan PPL ini dapat memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa sebagai calon guru, manfaat yang didapat melalui kegiatan di dalam kelas meliputi pengalaman mengajar, menghadapi berbagai macam karakteristik siswa, manajemen waktu serta kemampuan menyampaikan materi. Adapun yang diluar mengajar seperti berinteraksi dengan guru atau karyawan sehingga tercipta kerukunan antar mahasiswa PPL dengan pihak sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kegiatan PPL, Pelaksanaan PPL, Manfaat PPL
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Jun 2017 03:41
Last Modified: 22 Jun 2017 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50182

Actions (login required)

View Item View Item