UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI SOMATIS, VISUAL, AUDITORI, DAN INTELEKTUAL)PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL

Pramita Dewi, Dita (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI SOMATIS, VISUAL, AUDITORI, DAN INTELEKTUAL)PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_Dita Pramita Dewi_12201241059.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 22 March 2022.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis kreatif puisi dengan menggunakan pendekatan SAVI (somatis, visual, auditori, dan intelektual) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sanden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sanden yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis kreatif puisi. Penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, analisis dokumen, catatan lapangan, dokumentasi foto, dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses tampak melalui hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa selama dilakukan penelitian tindakan, keaktifan, keseriusan, dan antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi meningkat secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan produk dengan pendekatan SAVI dalam menulis kreatif puisi dapat dilihat dari karya peserta didik. Pada pratindakan, rata-rata nilai peserta didik sebesar 55,41 dengan keterangan belum ada peserta didik yang tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 68,98 dengan peserta didik tuntas sebanyak 9 orang. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai peserta didik naik menjadi 79,80 dengan ketuntasan 100% atau 28 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemapuan menulis puisi, pendekatan SAVI
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2017 05:50
Last Modified: 30 Jan 2019 14:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50178

Actions (login required)

View Item View Item