Pengembangan Model Aktivitas Ritmik untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak TK.

Utami, Rahayu (2017) Pengembangan Model Aktivitas Ritmik untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak TK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahayu-utami-14711251025.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengembangkan model aktivitas ritmik yang sesuai dengan karakteritik anak TK B, (2) Untuk mengimplementasikan gerakan aktivitas ritmik yang mudah dilaksanakan untuk anak TK B, dan (3) Untuk mengetahui apakah model yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan motorik kasar khususnya meloncat dan keseimbangan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah menurut Borg & Gall sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis kebutuhan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) ujicoba lapangan skala kecil dan revisi, (6) ujicoba lapangan skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, (8) uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan di TK Melati dengan jumlah 17 anak. Ujicoba skala besar dilakukan di TK Harapan gorongan dengan jumlah 15 anak, dan TK Al-Ikhlas dengan jumlah 27 anak. Sedangkan uji efektivitas pada kelompok eksperimen dilakukan di TK Tunas Pandawa dengan jumlah 18 anak, dan kelompok kontrol dilakukan di TK Kinderstation dengan jumlah 18 anak. Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi aktivitas ritmik, (4) pedoman observasi siswa, (5) pedoman hasil belajar, dan (6) pedoman tes. Teknik analisis data menggunakan penilaian acuan patokan (PAP) dan uji-t menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa model aktivitas ritmik ditinjau dari hasil penilaian para ahli termasuk dalam “sangat baik”. Terdapat perbedaan hasil uji keefektifan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model aktivitas ritmik dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model aktivitas ritmik dengan p < 0,05. Hasil uji t_hitung untuk pre-test dan post-test meloncat 10,099, dan keseimbangan 2,812. Produk penelitian yang dihasilkan berupa buku panduan dan DVD model aktivitas ritmik untuk meningkatkan motorik kasar pada anak TK B yang berisikan (1) gerakan pemanasan, (2) gerakan inti, dan (3) gerakan pendinginan. Dari hasil penilaian para ahli dan uji keefektifan, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan layak dan efektif digunakan sebagai model aktivitas ritmik untuk meningkatkan motorik kasar pada anak TK B.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model aktivitas ritmik, motorik kasar, anak TK
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jun 2017 02:29
Last Modified: 09 May 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50172

Actions (login required)

View Item View Item