PELAKSANAAN PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENULIS KARYA ILMIAH SISWA SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Palupi, Ratna Tri (2017) PELAKSANAAN PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENULIS KARYA ILMIAH SISWA SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_Ratna Tri Palupi_12201241001.pdf
Restricted to Registered users only until 21 March 2022.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta. Pelaksanaan pembinaan ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu: (1) materi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, (2) metode pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, (3) media pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, dan (4) evaluasi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jenis metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembina kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah dan siswa di SMA Negeri 6 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah di SMA Negeri 6 Yogyakarta yang meliputi materi, metode, media, dan evaluasi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen, catatan lapangan, dan menggunakan angket. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, dengan tahapan pengelompokan, pengkategorian, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, materi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD, yaitu (1) materi keterampilan penulisan kerangka pikir dan latar sosial, (2) materi keterampilan pembuatan mi dari jantung pisang, dan (3) materi persiapan lomba katerampilan menulis karya ilmiah. Sumber materi yang digunakan adalah dari sejumlah makalah, artikel, dan hasil karya siswa. Kedua, metode pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah yang digunakan oleh pembina adalah kombinasi antara metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Ketiga, media pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah yang digunakan pembina adalah seperangkat layar LCD (Liquid Crystal Display) dan laptop. Keempat, evaluasi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah dilaksanakan dengan teknik evaluasi penugasan individu dan praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, keterampilan menulis karya ilmiah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2017 05:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50171

Actions (login required)

View Item View Item