Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Kelas XI IPA SMA/MA.

Rizalini, Rina (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Kelas XI IPA SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina-rizalini-14707251028.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XI IPA SMA/MA yang layak, (2) mengetahui kepraktisan produk LKPD kimia berbasis inkuiri terbimbing, (3) mengetahui keefektifan LKPD kimia berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan (4D). Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari enam orang peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Wates. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 20 orang peserta didik kelas XI IPA3 dan pada kelas kontrol sebanyak 20 orang peserta didik kelas XI IPA4 SMAN 2 Wates. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas XI IPA SMA/MA menurut ahli materi, ahli media, dan praktisi berada dalam kategori layak. Penerapan LKPD berbasis inkuiri terbimbing secara umum dapat terlaksana dengan kategori sangat baik dan mendapat respon positif dari peserta didik. Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen setelah menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dengan sig < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja peserta didik, kimia, inkuiri terbimbing
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jun 2017 02:18
Last Modified: 09 May 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50168

Actions (login required)

View Item View Item