ANALISIS MATERI TATA BAHASA PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PEMBELAJARANNYA

Aruni Aqsati, Farah (2017) ANALISIS MATERI TATA BAHASA PADA BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PEMBELAJARANNYA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_Farah Aruni Aqsati_12201244044_PBSI 2012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan model pembelajaran materi tata bahasa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII (2) mendeskripsikan cakupan materi tata bahasa pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII berjudul Berbahasa dan Bersastra Indonesia yang diambil dari http//:bse.kemendikbud.go.id dan proses pembelajaran materi tata bahasa di kelas. Buku tersebut merupakan buku pelajaran yang digunakan di MTs N Godean. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat serta mengamati proses belajar mengajar di kelas. Keabsahan data diperoleh dengan meningkatkan ketekunan dan trianggulasi data. Data yang diperoleh kemudiana dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, model penyampaian materi tata bahasa menggunakan pendekatan induktif dan deduktif. Kedua pendekatan tersebut sama-sama digunakan dalam materi morfologi dan sintaksis. Materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan induktif adalah materi yang merupakan informasi lama bagi siswa. Materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan deduktif adalah materi yang merupakan informasi baru bagi siswa. Kedua, cakupan materi tata bahasa yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII adalah materi morfologi dan sintaksis. Materi morfologi berupa afiksasi dan reduplikasi sedangkan materi sintaksis berupa kata, klausa dan kalimat majemuk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning grammar, junior high school textbooks
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Jun 2017 05:49
Last Modified: 20 Jun 2022 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50167

Actions (login required)

View Item View Item