Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pemanfaatan Media Virtual dan Media Non Virtual dalam Pembelajaran Sains di SMP Negeri 2 Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2008/2009

Utaminingsih, Retno (2009) Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pemanfaatan Media Virtual dan Media Non Virtual dalam Pembelajaran Sains di SMP Negeri 2 Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2008/2009. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retno-utaminingsih-07708251006.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada pemanfaatan media virtual (media animasi komputer) dan media non virtual (media nyata) dalam pembelajaran sains siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Wanadadi Banjarnegara pada materi Cahaya ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dalam proses eksperimen dilakukan pengamatan pada dua kelompok pembelajaran yaitu kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media virtual (media animasi komputer) dan kelompok kontrol yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media non virtual (media nyata). Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 2 Wanadadi Banjarnegara yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII B dan kelas VIII C yang diambil secara random. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media virtual (media animasi komputer) dan kelas kontrol yang menggunakan media non virtual (media nyata). Jadi, media virtual (media animasi komputer) dan media non virtual (media nyata) sama baiknya dalam meningkatan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun aspek afektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2017 07:32
Last Modified: 29 Jan 2019 12:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50157

Actions (login required)

View Item View Item